Judul: Dunia Anna
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah : Irwan Syahrir
Penerbit: Mizan
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 244 halaman
ISBN: 978-979-433-842-1

Buku ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Anna Nyrud, sang tokoh utama, yang memiliki imajinasi tinggi. Diterjemahkan dari buku “Anna. En fabel om klodens klima og miljø”, Jostein Gaarder punya gaya penulisan khas dalam memberi warna-warna kritis bagi orang-orang yang suka bertanya mengenai dunia dan mimpi.

Dunia Anna sendiri adalah buku kedua dari Jostein Gaarder yang saya pegang, setelah 10 tahun lamanya membaca Dunia Sophie. Untuk Dunia Sophie, awalnya saya menganggap buku itu adalah buku “saru”. Setelah membacanya, saya jadi memiliki banyak pertanyaan aneh yang kemudian saya jawab sendiri dengan bermodal buku-buku di perpustakaan dan sambungan internet.

Sementara itu, pada buku ini, fokus perhatian saya justru jatuh pada batu bertuah, yang konon katanya adalah cincin Aladin asli dari legenda seribu satu malam. Nah, cincin bertuah bermatakan batu ruby tersebut lalu membuat Anna bermimpi tentang banyak hal dan masa depan. Ia terlempar pada masa 2082, di mana ia kemudian memerankan Nova, cicitnya.

“…Pada seratus tahun lalu, bumi ini masih begitu memesona. Namun, dalam abad ini bumi telah kehilangan pesonanya. Dunia kini telah begitu berubah,” – Halaman 35.

Singkat kata, membaca buku ini juga mengingatkan saya soal riset-riset tentang climate change, bahwa “Nature doesn’t need people, but people need nature”, serta pidato dari pemenang Oscar, Leonardo Di Caprio.

Di dalamnya memuat banyak dialog yang berkaitan dengan alam. Misalnya saja, pada saat Anna berdiskusi dengan sang ibu saat ibunya mengukur kebun mini milik keluarga untuk dijadikan kolam renang. Dalam dialog tersebut, Anna berkata,

“Apakah dalam perkiraan biaya itu sudah dimasukkan segala kerugian tiap tahun dari penghasilan kebun ini? Bagaimana dengan segala hasil panen buah pir dan plum, ceri, dan currant? Atau bunga-bunga mawar itu misalnya,” – Halaman 114.

Terakhir, tak hanya menyuguhkan cerita, buku ini juga menyuguhkan banyak pertanyaan yang sengaja ditulis untuk dijawab sendiri oleh pembaca.

Tertarik mengetahui kisahnya lebih lanjut? bacasaja Dunia Anna!

NO COMMENTS